Post Page Advertisement [Top]

androidcoretangaya hidup

Perbedaan Smartphone Premium dan Non Premium

Assalamualaikum wr wb. Dari judul diatas sudah sewajarnya agan n sista sudah bisa membandingkan mana yang smartphone premium (flagship) mana yg non premium (low level). Bisa dari harganya dan juga bisa dari spesifikasi. Namun sebenarnya smartphone premium saat ini tidak meluluk identik dengan harga yang mahal. Bahkan vendor-vendor smartphone seperti Advan, Evercoss, Mito, dan sebagainya berusaha membuat smartphone murah dengan spesifikasi premium.

Flashback 2-3 tahun kebelakang, ane masih ingat saat itu untuk punya smartphone saja rasanya sudah alhamdulillah. Bisa bbman, bisa instagram, bisa line, bisa wa, dan harganya bisa ane bilang sesuai lah sama spesifikasinya, yaitu mahaalll. Dan yang ane ingat saat itu smartphone murah yang jadi incaran masyarakat kita adalah Smartfren. Bayangin gan sis, saat smartphone Dual Core masih menjadi smartphone idaman, rata-rata harganya cukup mahal, namun saat itu Smartfren berani mengeluarkan smartphone Dual Core dengan harga cuman 500 ribuan, ayo tebak Smartfren apakah itu??

Nahh disini ane akan memberikan penjabarannya dimanakah letak perbedaan sebuah smartphone premium dengan yang bukan.

1. Sering Update Firmware

Untuk memanjakan pengguna smartphone kelas premium, vendor akan memberikan free update melalui metode OTA (Over The Air), yaitu update yang memerlukan koneksi internet untuk mengunduh file dari update tersebut. Dan untuk smartphone non premium biasanya jarang melakukan update karena bisa jadi si developernya yang malas untuk merilis update untuk si smartphone non premium tersebut, atau bisa karena dukungan perangkat untuk smartphone non premium yang tidak mendukung OS Android versi terbaru.

2. Spesifikasi gahar


Untuk poin yang kedua ini sepertinya memang benar adanya kalau smartphone premium akan memilikki spesifikasi gahar. Namun, jangan remehkan smartphone non premium loh gan sis. Seperti yang ane jabarkan di awal, beberapa vendor-vendor smartphone berusaha membuat smartphone kelas premium dengan harga murah. Dan untuk saat ini yang paling banyak penggunanya adalah Xiaomi. Dengan smartphone keluaran mereka, Xiaomi percaya diri bahwa produknya akan laris manis. Terbukti dengan berbagai series smartphone keluaran mereka yang spesifikasinya gahar namun harganya jauh lebih murah. Sehingga memunculkan animo masyarakat dengan menciptakan jargon #mendingxiaomi (ane bukan promosi loh) :D
 
3. Daya Tahan


Pada smartphone premium, dengan spesifikasi yang dimilikki membuat mereka dapat bertahan paling lama 4 tahun kedepan (menurut ane). Sebetulnya poin terpenting dari sebuah smartphone adalah keawetannya. Mau 2 tahun kek, mau 4 tahun kek, mau 6 tahun kek, yang penting masih bisa nyala. Dan smartphone premium memilikki tingkat keawetan yang katanya lebih baik, seperti tahan air, tahan banting, tahan segala cuaca, lalu bagaimana dengan smartphone non premium? Smartphone tersebut sebetulnya juga bisa bertahan lama namun dengan penggunaan yang wajar, tidak bisa se-ekstrim smartphone premium.
 
4. Harga


Harga menentukan kualitas. Itu benar adanya. Namun bagaimana bila smartphone premium dengan harga murah? #mendingxiaomi :D

Nah demikian penjelasan dari ane, apabila ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Oiya, mohon maaf juga ya kalau ane memaparkan berbagai merk hp yang ada sekarang, dikira nge-iklan lagi, hehe.

Wassalamualaikum wr wb.
2017 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib