Post Page Advertisement [Top]

androidtech newstutorial

Tips Membeli Smartphone Second

Assalamualaikum wr wb. Di era yang serba mobile ini membuat smartphone menjadi kebutuhan wajib saat ini. Entah sebagai sarana bersosialisasi, kebutuhan para opreker, maupun kebutuhan lainnya. Salah satu poin yang penting dalam membeli perangkat ini adalah budget. Berangkat dari budget yang minim tersebut membuat sebagian orang memilih untuk membeli smartphone second. Nah dalam membeli smartphone second, ada beberapa poin yang akan ane jabarkan apa saja yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone second, berikut penjabarannya.

1. Pilih Smartphone Mantan Flagship

Menurut ane, smartphone yang memilikki spesifikasi gahar namun lawas masih bisa digunakan untuk 2 sampai 3 tahun kedepan. Maka dari itu pilihlah smartphone yang memilikki spesifikasi gahar dengan rentang waktu satu atau dua tahun ke belakang. Karena penggunaan smartphone dari mantan flagship tersebut masih enak untuk digunakan dan dimanfaatkan fitur-fiturnya, bisa dari fitur kameranya, bisa dari spesifikasi processor dan kapasitas memorinya yang cukup besar, bisa dari fitur-fitur unik yang ada didalamnya, dan keawetannya karena sudah pernah dipakai oleh pengguna sebelumnya.

2. Cek Kondisi Layar Smartphone


Karena apabila smartphone second tersebut terdapat bercak (goomy), bintik putih, garis putih, touchscreen yang tidak sensitif lagi atau retak, layar bergaris, atau LCD yang bocor, maka akan tidak enak untuk dipandang dan mengganggu aktivitas mobile agan n sista sekalian. Bila layar smartphone tersebut normal usahakan berikan pelindung layar seperti tempered glass agar keawetan dari layar tersebut bisa tahan lebih lama lagi (bila sudah ada tempered glassnya tidak usah diberikan).

3. Cek Baterai

Tentu apabila smartphone second tersebut harus sedikit-sedikit dicolok ke listrik akan sangat mengganggu. Maka cek kondisi baterai smartphone tersebut apakah sudah kembung atau belum. Bila sudah maka ganti baterai tersebut atau jangan dibeli.

4. Cek IMEI
Untuk memastikan smartphone tersebut cocok dengan dus yang ada coba cek IMEI dari smartphone tersebut dengan menekan tombol dial *#06#.

5. Cek Fisik Smartphone


Apabila terdapat bodi smartphone yang banyak lecet atau goresan, lensa kamera buram, tombol volume, home, dan power yang sudah tidak enak digunakan lagi, maka jangan dibeli. Karena tentunya akan mengganggu penggunaan smartphone tersebut. Tapi apabila agan n sista tidak merasa terganggu dengan lecet-lecet tersebut abaikan saja.

6. Kalau Bisa Beli yang Fullset


Tentu tidak afdol kalau tidak lengkap. Maka cek kelengkapan smartphone tersebut apakah masih lengkap beserta dus, charger, headset (bila ada, karena ada beberapa vendor yang tidak menyertakan headset di dalam paket penjualannya), serta kitab-kitabnya.

7. Gunakan Sewajarnya

Karena status smartphone tersebut bekas pakai alias second, maka pergunakan smartphone tersebut dengan wajar karena hardware dari smartphone tersebut memilikki jangka waktu atau umur yang terbatas, ya namanya juga barang pasti akan ada saatnya lelah.

8. Cari Harga yang Termurah


Smartphone second dengan merk dan series yang sama bisa berbeda harganya. Untuk itu pilihlah smmartphone second dengan harga yang paling murah.

Sekian pemaparan dari ane terkait tips membeli smartphone second, semoga tips dari ane dapat menjadi referensi agan n sista dan smartphone second yang agan n sista beli bisa awet.

Wassalamualaikum wr wb.
2017 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib