Post Page Advertisement [Top]

coretantech news

Pengertian PATA dan SATA

Assalamualaikum wr wb. Selama ini kita hanya mendengar istilah SATA atau Serial ATA. Lalu, apakah agan n sista pernah mendengar istilah PATA? Entah pernah melihat singkatan nya di google atau terdengar asing? Istilah PATA dan SATA bisa dibilang jenis kabel, bisa juga dibilang port. Bila SATA dapat digunakan untuk hardisk yang support SATA, sebaliknya, PATA dapat digunakan pada hardisk ATA atau di Indonesia lebih dikenal dengan hardisk IDE (Integrated Development Environment). Lalu, seperti apa bentuknya?

1. PATA

PATA (Paralell Advanced Technology Attachment) merupakan standar pemasangan hardisk, CD-ROM, atau DVD-ROM yang dipasang secara pararel, maksudnya adalah satu kabel PATA dapat digunakan untuk memasang dua device secara bersamaan. Kabelnya sendiri menggunakan ribbon-cable yang lebar. Keterbatasan ini menjadikan PATA hanya sebagai interface internal storage saja. Tidak bisa digunakan untuk eksternal storage. Namun, saat ini sudah hadir semacam casing hardisk eksternal yang bisa digunakan untuk hardisk IDE. Dan tentunya, untuk menggunakan kabel PATA tersebut haruslah memilikki motherboard yang support dengan kabel PATA.

2. SATA
SATA (Serial Advanced Technology Attachment) merupakan standar pemasangan hardisk, CD-ROM, atau DVD-ROM yang dipasang secara seri. Jadi, satu kabel SATA hanya bisa digunakan untuk satu device saja. Bentuk dari kabel SATA lebih kecil dan ramping, serta tidak membuat CPU agan n sista sesak dipenuhi oleh kabel. Dan transfer data dari penggunaan kabel SATA lebih cepat daripada kabel PATA.

SATA memilikki beberapa jenis, antara lain:

SATA I (revision 1.x) interface, dikenal sebagai SATA 1.5Gb/s, adalah antarmuka SATA generasi pertama yang berjalan pada 1,5 Gb/s. Dan dapat mentransfer data sampai 150MB/s.

SATA II (revision 2.x) interface, dikenal sebagai SATA 3Gb/s, adalah antarmuka SATA generasi kedua yang berjalan pada 3,0 Gb/s. Dan dapat mentransfer data sampai 300MB/s.

SATA III (revision 3.x) interface, dikenal sebagai SATA 6Gb/s, adalah antarmuka SATA generasi ketiga yang berjalan pada 6.0Gb/s. Dan dapat mentransfer data sampai 600MB/s. Jenis SATA ini kompatibel dengan SATA 3 Gb/s interface. 

Demikian penjelasan mengenai PATA dan SATA. Semoga agan n sista dapat memahami penjelasan yang ane berikan.

Wassalamualaikum wr wb.
2016 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib