Post Page Advertisement [Top]

coretantech news

Apa yang Perlu Dilihat dari VGA Card?

Assalamualaikum wr wb. Semakin tingginya kebutuhan grafis digital, VGA card menjadi barang yang dicari cari. Baik yang baru maupun yang second atau bekas. Tak jarang juga VGA card keluaran lama juga masih menjadi idola para pemburunya. Istilah lain dari VGA yakni GPU, atau singkatan dari Graphics Processing Unit. Lalu, apa bedanya VGA dan GPU? Sama seperti CPU, GPU merupakan otak dari VGA, sedangkan VGA itu ibarat motherboard nya, yang diatasnya tersusun memory, GPU, heatsink, serta beberapa port pendukung seperti port VGA, DVI, HDMI.

Lanjut kembali ke pembahasan utama, apa yang perlu dilihat dari VGA card? Ada beberapa faktor yang perlu dilihat saat agan n sista ingin membeli VGA card. Berikut pemaparan nya.

1. Mau Digunakan untuk Apa
Saat ingin membeli VGA card, agan n sista perlu melakukan pertimbangan kira-kira ingin dipakai buat apa. Apakah untuk kebutuhan desain grafis dan rendering? Atau untuk kebutuhan gaming? Jangan kita membeli VGA card yang terlampau mahal namun hanya digunakan untuk menonton Youtube saja. 

2. Clock Speed atau Frekuensi
Sama seperti CPU, GPU yang terdapat pada VGA card memilikki frekuensi kecepatan yang beragam. Semakin cepat clock speed semakin baik.
 
3. Kapasitas Memori
Untuk kapasitas memori yang dimilikki VGA card, usahakan pilihlah VGA card yang memilikki memori minimal 512 MB. Namun, apakah penggunaan memori ini penting? Pembahasannya akan ane paparkan pada poin keempat, yaitu Bitrate.
 
4. Bitrate
Ibarat FSB atau bus yang terdapat pada CPU atau processor, bitrate disini fungsinya sama, yaitu sebagai alur tempat mengalirnya data yang sedang berjalan, baik data input maupun output. Semakin besar bitrate, maka semakin lega data yang dapat berjalan, dan data yang dapat diproses dapat lebih banyak. Lalu, lebih penting kapasitas memori yang tinggi atau bitrate yang tinggi?

Ane pernah membaca di sebuah artikel yang menyatakan bahwa sebesar apapun kapasitas memori pada VGA maka tidak akan berpengaruh banyak kepada performa VGA. Yang dilihat itu adalah bitrate nya. Ternyata itu bukan sekedar pernyataan saja. Setelah ane lakukan pengujian, benar saja, ternyata bitrate lah yang menjadi prioritas pendukung performa VGA card. Ane melakukan nya pada dua VGA card, yaitu pada Radeon HD 5450 (udah rusak) yang berkapasitas 1 GB dan Nvidia Geforce 7300SE/7200GS dengan kapasitas hanya 256 MB. Keduanya memilikki bitrate sebesar 64 bit saja. Pengujian ini untuk membuktikan kalo penggunaan memori pada VGA tidak terlalu berpengaruh pada VGA card.


Pengujian dilakukan dengan membuka aplikasi Adobe Photoshop CC 2015. Disini akan terlihat seberapa besar penggunaan memori yang digunakan pada VGA card. Awalnya penggunaan VGA card sebelum membuka photoshop sebesar 31 MB. Setelah photoshop dibuka dan membuka sebuah file psd, kenaikan penggunaan memori hanya sebesar 50 MB saja, yaitu menjadi 81 MB. Artinya? Sebesar apapun memori sebuah VGA tidak begitu berpengaruh pada saat menjalankan aplikasi, salah satunya Adobe Photoshop. Ditambah lagi sebuah VGA card yang terpasang pada OS seperti Windows 7 akan memilikki share memori yang dialihkan ke RAM.


Ini hanya pengujian kecil-kecilan saja. Jadi ane hanya menguji menggunakan Adobe Photoshop saja, tidak dengan game berat. Karena VGA card ane sadar diri, hehe. Dan juga ane bukan tergolong orang yang doyan gaming. Kalo agan n sista ingin melakukan pengujian untuk membantah pernyataan yang ane kutip dari sebuah website barusan tidak apa-apa. Karena setiap orang punya pernyataan nya masing-masing.

5. Jenis Memori yang Digunakan
Sama seperti RAM yang memilikki varian DDR, memori pada VGA card juga punya jenis-jenisnya. Dan yang paling tinggi saat ini yaitu jenis GDDR5. Minimal untuk memainkan sebuah game gunakan jenis GDDR3. Dan jenis memori yang dipilih ikut menentukan kecepat atau frekuensi yang dimiliki. Bisa dibilang Memory Speed nya. Misal ada yang 450MHz, 1753 MHz.
 
6. Lihat Tahun Pembuatan
Yang satu ini juga penting. Karena perkembangan VGA card terbilang melesat cepat. Dari tahun ke tahun semakin diperbaharui.
 
7. Fitur-Fitur yang Ditawarkan
Untuk melengkapi kebutuhan grafis yang maksimal, vendor akan memberikan fitur-fitur unggulan mereka untuk memanjakan para penggunanya. Seperti kalo di Nvidia terdapat fitur CUDA, SLI, Physx, dll.
 
8. Power Supply Haruslah Mumpuni
Apabila VGA card tersebut membutuhkan daya listrik yang lebih besar yang mengandalkan daya dari power supply, maka power supply yang digunakan haruslah memilikki daya yang besar.
 
9. Daya Listrik yang Digunakan
Masih lanjutan dari poin ke delapan, semakin bagus VGA card nya maka semakin tinggi juga listrik yang digunakan. Maka dari itu, apabila VGA card hanya digunakan untuk kebutuhan yang standar maka tidak perlu menggunakan VGA card yang memilikki konsumsi daya listrik yang tinggi.

10. Budget
Poin terakhir ini cukup sensitif dikarenakan harga VGA card saat ini bisa dibilang masih tergolong mahaaalll. Jadi, kebanyakan orang memilih untuk membeli VGA card second atau menggunakan VGA onboard, yaitu VGA yang tertanam didalam motherboard.

Sekian penjelasan dari ane, kekurangan mungkin saja banyak. Dan kelebihan hanya milik Allah SWT.

Wassalamualaikum wr wb.
2016 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib