Post Page Advertisement [Top]

Assalamualaikum wr wb. Maha Besar Allah SWT yg telah menciptakan ruang dan waktu, dan akal (otak) utk manusia yg mau berpikir. Agan n sista pernah terbayang kecanggihan masa depan gak? Mungkin sebagian besar sih ada yg terbayang yaa gan sis, semua serba canggih dan instan, sehingga manusia hanya tinggal duduk manis memberikan perintah kepada sebuah TV "TV, Menyala!" Maka menyala lah TV itu. Mungkin juga masa depan itu kayak semuanya serba hologram. Pokonya masa depan itu keren dahh. Tapi, ada tapinya nihh...

1. Apakah agan n sista udah siap dalam menyambut teknologi masa depan?
Kenapa ane bertanya kayak gitu? Karna apakah agan n sista hanya mau sebagai pengguna dari teknologi itu aja? Secanggih apapun teknologi yg diterapkan di masa depan nanti seenggaknya agan n sista harus tau langkah kerja dari alat itu seperti apa, misal bila di sebuah alat terdapat sensor, maka gimana cara kerja sensor tersebut sehingga alat tersebut dapat menerima perintah dari si pengguna. Karna kita jangan sampe hanya dibuat terpedaya, terpesona dengan kecanggihan teknologi tapi gak tau cara kerja dari teknologi itu, apalagi sampe gak tau cara menggunakan nya, waduhhh.

Jika agan n sista bilang "Saya siap" tapi hanya sebagai pengguna, yaa selamanya akan terus sebagai pengguna. Lihatlah sekarang aja betapa banyak muncul series2 Smartphone terbaru dengan segala fitur dan kecanggihan teknologi yg ditawarkannya. Secara gak sadar agan n sista dibuat kagum dengan kecanggihan yg ada dan tersirat di benak agan n sista "pengen ganti HP".

2. Apakah teknologi itu mahal?
Yaa, utk saat ini alat2 yg menggunakan teknologi canggih masih terbilang mahal, apalagi bagi kalangan masyarakat Indonesia, seperti contohnya Google Glass, Microsoft HoloLens (yg ane tebelin tulisannya bisa ane bilang Augmented Reality paling canggih utk saat ini semenjak coretan ini ane buat).


3. Apakah agan n sista udah menjadi orang yg pintar? pandai? cerdas? brilian?
Kenapa ane bertanya kayak gitu? Apakah prestasi agan n sista di dunia pendidikan semisal nilai agan n sista di sekolah atau perkuliahan udah bagus? Bukan berarti ane merasa lebih pintar atau lebih baik dari agan n sista. Kalo nilai agan n sista kurang bagus, apakah agan n sista bisa dibilang layak utk menikmati teknologi canggih yg ada? Gaya2an di sosmed dan sebagainya? Apakah agan n sista udah punya prestasi yg bisa dibanggakan? Maaf, karna gak sedikit orang yg prestasinya di sekolah nihil tapi gaya selangit. Sebenernya layak layak aja karna itu bukan menjadi tolak ukur. Tapi, itu sebagai bahan introspeksi utk diri kita sendiri (termasuk ane) udah sejauh mana agan n sista mengembangkan kemampuan diri masing2 dengan kecanggihan teknologi yg ada. Jadi, manfaatkan teknologi canggih yg ada utk mengembangkan kemampuan diri agan n sista. Misal, ada sebuah smartphone dengan kamera 20MP, brarti kan bagus tuhh buat foto2, daripada utk selfie2 kenapa agan n sista gak mengembangkan skill fotografi? Walaupun awalnya kurang suka fotografi, tapi coba aja iseng2 jepret dengan melatih pengambilan angel yg bagus, fokus yg tepat. Itu baru satu contoh, belum contoh yg lain yg gak mungkin ane ketik disini karna nanti kebanyakan dan agan n sista udah males duluan bacanya karna kebanyakan.

4. Kapan Indonesia bisa menikmati kecanggihan teknologi kayak di negara2 barat?
Seperti di video Microsoft Hololens diatas, itu kan pemerannya bule2, yg suasana nya itu emang udah suasana negara barat. Tapi, apakah Indonesia bisa menikmati hal yg seperti itu? Syukur2 bisa menciptakan teknologi canggih yg terbarukan. Jawabannya BISA. Beneran bisa? Yaa bisa! Asalkan di Indonesia ini didukung oleh SDM yg berkualitas, berkompeten, mahir, penuh inovasi, dan tentunya peran pemerintah utk memperbaiki kualitas pendidikan di negara ini harus digencarkan, agar tercipta SDM2 yg ane sebutkan tadi.

5. Lalu, kalo misal pemerintahnya udah memperbaiki kualitas pendidikan tapi masyarakatnya masih gaptek alias Gagap Teknologi?
Itu semua tergantung dari diri pribadi agan n sista masing2, termasuk juga utk ane. Apakah agan n sista (terkhusus juga utk ane) mau berubah atau enggak. Kalo enggak yaa selamanya akan terus begitu.

Kata2 dari ane: "Dunia ini setiap detik terus bersaing utk memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia. Bermacam macam alat telah tercipta oleh para pemikir2 cerdas. Namun, apakah kita udah siap tuk menghadapi dunia yg semakin canggih ini?"

Sekian coretan dari ane, mohon maaf kalo mungkin ada kata2 yg kurang berkenan utk agan n sista. Tetap terus berkarya dan istiqomah.

Wassalamualaikum wr wb.
2016 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib