Post Page Advertisement [Top]

gaya hidupkesehatan

Tips Cara Membersihkan Paru-Paru

Assalamualaikum wr wb. Agan seorang perokok? Jika iya gak papa jika enggak juga gak papa. Yg sista pun mungkin ada juga yg merokok walaupun bukan mayoritas, yg sista sihh biasanya jadi korban paparan asap rokok dari sang agan2 perokok. Baik agan maupun sista pasti udah gak asing dengan yg namanya rokok. Mau perokok aktif maupun perokok pasif pastinya sama2 berbahaya karna sama2 menghirup asap rokok yg mengandung nikotin dan tar. Dan bahaya nya lagi salah satunya yaitu bikin paru-paru kotor. Kandungan asap rokok yg mana sihh yg bikin paru-paru kotor? Yaitu kandungan tar. Tapi, tentunya gak cuma tar yg mengendap di paru-paru perokok aktif maupun pasif, nikotin dan racun2 lainnya juga mengendap di paru-paru agan n sista.


Coba agan n sista perhatikan gambar ilustrasi diatas, Dari ketiga orang ini sihh sebenernya sama2 bahaya utk kesehatan, si agan ngerokok, si sista pertama minum bir, dan si sista yg kedua makan2an cepat saji. Rokok bahaya, bir bahaya, makan2an cepat saji kalo rutin makannya juga bahaya. Tapi, ane mau bahas soal yg rokok aja. Coba lihat asap yg si agan perokok hembuskan di gambar tsb, pastinya bakal terhirup juga dong sama si duo sista disampingnya. Padahal paru-paru si duo sista itu bersih, alias bukan perokok aktif. Tapi, karna hembusan asap si agan perokok itu menyebabkan duo sista ini menjadi perokok pasif, kan kasian yaa.

Utk agan2 perokok, mungkin ada yg udah merokok lebih dari 5 tahun, mungkin ada yg baru memulai, dan pastinya tersirat di benak agan2 sekalian utk berhenti merokok. Karna dampak dari rokok tsb mungkin udah terasa di dalam tubuh agan2 sekalian. Begitu juga utk sista2 yg bukan perokok namun sering atau pernah terpapar asap rokok, tentunya akan berdampak kurang baik utk kesehatan. Berikut ane kasih tips cara membersihkan paru-paru dari tar, nikotin, dan racun2 lainnya:

1. Makan Buah Cranberry

Lohh, buah apa tuh gan sis? Kalo ane liat gambar diatas sihh mirip buah cherry. Buah ini jarang dijual bebas di pasaran, tapi coba agan n sista iseng2 aja cari dimana tempat yg ngejual buah cranberry yg kalo bisa jangan jauh2 dari tempat agan n sista tinggal. Ternyata buah ini memilikki khasiat yg bagus lohh gan sis, gak hanya efektif untuk mengatasi penyakit diabetes, penyakit kanker, menormalkan kembali fungsi ginjal, serta menurunkan darah tinggi. Buah Cranberry juga terbukti khasiatnya untuk membuang racun yang mengendap dalam paru-paru. 

Dengan kandungan senyawa flavanoid berjenis pro-anthoyanidin mampu menolak bakteri jahat baik yang ingin masuk ke dalam tubuh ataupun yang sudah berada di dalam tubuh. Salah satu bagian tubuh yang apes dihinggapi oleh bakteri tersebut adalah paru-paru. Wahh, bagus nihh buah utk dikonsumsi sebagai pembuang racun didalam paru-paru sekaligus membuat pertahanan tubuh dari serangan bakteri2 jahat.

2. Makan Buah Nanas
Nahh kalo yg ini pasti agan n sista tau buah apa, yaa buah nanas. Buah yg rasanya asam2 manis ini punya senyawa yg namanya Bromelain ini berkhasiat utk membersihkan paru-paru. Dan bukan hanya mengusir zat racun yang terlanjur mengendap dalam organ paru-paru agan n sista, berbagai virus penyakit sampai bakteri yang merugikan tubuhpun akan segera dilumpuhkan oleh senyawa Bromelain pada Nanas tsb. Mantap ya gan sis.

3. Melakukan Olahraga Ringan


Baik lari pagi, atau senam, pokonya olahraga2 ringan yg memicu keluarnya keringat, karna paru-paru kembali harus bekerja ekstra keras utk menghirup oksigen lebih banyak lagi, sehingga pola pernafasan kembali membaik, dan paru-paru akan melakukan pembersihan secara mandiri dari tar dan racun2 yg ada.

4. Hindari Kopi dan Perbanyak Minum Susu


Waduhh kopi kan berkaitan dengan rokok, baik kopi hitam maupun kopi susu dan olahan kopi lainnya. Fakta bahwa seorang mantan perokok, ketika ia mengkonsumsi segelas kopi. Akan sangat mudah tergoda kembali untuk memulai kebiasaan buruk merokok. Sebab kafein yang terdapat pada kopi sama seperti halnya kandungan didalam rokok. Saat agan mengkonsumsinya, indra pengecap akan bernostalgia untuk mengingat nikmatnya merokok saat agan belum berhenti dulu.

Nahh, solusi nya adalah minum susu gan sis. Susu dianggap ampuh sebagai zat penawar. Dan saat agan n sista mengalami proses pembersihan paru-paru dari zat berbahaya. Kandungan dari susu tersebut akan menetralkan fungsi dari zat-zat lainnya yang udah agan n sista pernah konsumsi sebelumnya.

"Lalu, kalo kopi susu gimana? Sebab ane belum bisa lepas dari candu kopi meskipun ane udah jadi mantan perokok." Dalam kandungan kopi susu pun masih ada rasa2 kopi nya. Bukan ane melarang minum kopi ya gan, ini utk langkah pencegahan aja selagi rasa candu rokok itu masih ada usahakan jangan minum kopi sampe agan lupa gimana rasanya minum kopi, disaat itu juga paru-paru agan udah bersih. Kalo rasa candu rokok itu udah benar2 hilang, baru agan bisa kembali minum kopi.

5. Terakhir, Menghirup Udara Pagi Setiap Hari


Udara pagi memang sangatlah baik utk kesehatan, terutama kesehatan paru-paru. Karna udara pagi banyak mengandung oksigen dan gas ozon yg sangat baik utk paru-paru. Apalagi kalo sambil lari pagi, wahh makin maksimal dan bersih paru-paru agan n sista.

Semoga dari kiat2 yg ane ketik dan ane kutip dari berbagai sumber diatas ini bisa jadi referensi agan n sista utk hidup sehat dari bahaya asap rokok. Ingat, sehat itu mahal. Rokok yg hanya 1000-1500 rupiah per batang bisa membahayakan, karna sakit itu murah dan gampang utk mendapatkannya.

Wassalamualaikum wr wb.
2016 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib