Post Page Advertisement [Top]

gaya hiduponlinetutorial

Mari Ulas Yuk Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Assalamualaikum wr wb. Selamat tengah malam agan n sista dan selamat beristirahat bagi agan n sista yg telah selesai melakukan rutinitasnya. Kembali lagi dengan ane admin Agan n Sista "Tongkrongan Informasi dan Edukasi". Di tengah malam yg sunyi ini ane pengen berbagi atau bahasa inggrisnya sharing karna suasana sunyi nya pas utk sharing2. Hehe.

Agan n sista udah pernah belanja online? Mungkin ada yg udah ada yg belum yaa. bagi yg udah pernah, pasti punya pengalaman nya masing2 ya dalam berbelanja online. Nah buat yg belum pernah mungkin ulasan dari ane bisa bermanfaat utk sebagai panduan dalam berbelanja online, karna terdapat poin2 tertentu yg membuatnya berbeda dengan berbelanja di dunia nyata. Sembari juga utk melanjutkan artikel sebelumnya (Belanja Online, Belanja Yuk) ane yg pernah ane janjikan utk menjelaskan kelebihan dan kekurangan belanja online. Yuk kita simak :D

Kelebihan belanja online diantaranya:
  1. Gak perlu membuang banyak tenaga utk ngiter2 nyari barang termurah. Cukup dengan men-scroll keatas dan kebawah halaman situs belanja online, agan n sista cuman capek di jari tangan aja, gak capek badan yg akibatnya pegal2, haus melanda, dsb wkwk.
  2. Bisa nyari harga termurah. Misal agan n sista mau nyari jaket sweater. Di toko A harganya misal Rp 200.000,- . Karna kemahalan, dan kebetulan di toko B, dengan barang yg sama, warna yg sama, model yg sama, jaket sweater yg agan n sista idam2 kan hanya berharga Rp 130.000,- . Beda jauh kan? :D . Dan agan n sista dalam mencari harga termurah gak perlu ngiter2 kaya yg ane jelasin di poin pertama.
  3. Waktu lebih efisien dan bahkan bisa lebih puas dalam memilih barang. Karna hanya dengan bermodalkan gadget seperti smartphone atau laptop agan n sista bisa dengan leluasa mencari cari barang tanpa membuang banyak waktu. Misal kalo belanja di dunia nyata agan n sista belum dapet barang yg diinginkan, pastinya butuh banyak waktu utk ngiter2 seisi pasar, belum capeknya wkwk
  4. Agan n sista bisa mencari barang yg sekiranya sulit ditemukan saat berbelanja di dunia nyata. Misal agan n sista di dunia nyata mencari jam tangan merk A, saat agan n sista mencari jam tersebut di situs belanja online, ternyata barangnya ada dan letak si penjualnya nan jauh disana. Seenggaknya agan n sista bisa menemukan barang yg susah ditemukan di dunia nyata walaupun letak si penjualnya cukup jauh dan membutuhkan ongkos kirim yg cukup banyak juga. gak papa lah korbanin ongkir hehe.
  5. Agan n sista bisa tergiur dengan barang yg diluar keinginan. Misal agan n sista pengen nyari jaket sweater, ternyata di situs belanja online tsb lagi ada diskon besar2an utk pembelian aksesoris komputer seperti mouse, keyboard, dsb. Akhirnya agan n sista kepincut deh buat beli aksesoris tsb dan jadi pertimbangan "beli jaket apa mouse ya? mumpung murah".
Lalu, kekurangan belanja online apa?
  1. Agan n sista besar kemungkinan gak bisa tawar menawar, karna cukup banyak pedagang yg udah menetapkan harga barang di situs online tsb dengan harga pas, kecuali kalo situs online tersebut menyediakan fitur Nego  seperti Olx.co.id. Bisa juga sih agan n sista memanfaatkan fitur live chat dengan pedagang seperti Bukalapak, Tokopedia utk menanyakan ketersediaan barang dan tawar menawar harga, cuman balik lagi dari si pedagang, apakah barang dagangannya bisa ditawar atau enggak. Rata2 sih enggak :/
  2. Kadang, ada aja pedagang yg terkesan gak niat dagang, seperti respon lambat, bahkan lebih parahnya PENIPUAN. Ini nihh yg bikin rekening pedagang2 nakal gendut alias uang pembeli masuk ke rekening mereka namun barang tak kunjung datang dan si pedagang pun menghilang bagai ditelan bumi. Waspadalah, waspadalah.
  3. Kadang barang yg dikirim gak sesuai dengan yg ada digambar atau foto yg di sertakan oleh si pedagang. Misal agan n sista pesennya jaket sweater warna biru pedagangnya ngasih jaket sweater warna hitam. Kadang barang kiriman nya terdapat banyak kecacatan, entah karna faktor kurir atau karna faktor si pedagang itu yg kurang memperhatikan barang dagangannya yg semisal udah berdebu karna gak laku2 dan baru laku saat dipesan oleh orang yg ingin barang tsb.
  4. Kadang juga gak cuman karna faktor si pedagang, namun karna faktor kurir atau jasa pengantar dokumen dan paket. Agan n sista pasti udah gak asing dengan JNE, yg di beberapa blog dan ulasan beberapa forum2 besar internet banyak dipermasalahkan, seperti kecacatan barang lecet, penyok, bahkan pecah.
  5. Kerugian terbesar menurut ane adalah saat agan n sista belanja online dengan nominal jutaan rupiah. Andai kata barang yg dikirim si pedagang adalah barang palsu bahkan hanya berisi kotak dengan tumpukan sampah kertas di dalamnya, wahh gak kebayang dah seberapa besar kerugian yg agan n sista tanggung, cara terakhir adalah perbanyak istigfar dan meminta kepada Allah utk membalas perbuatan si oknum pedagang itu dengan balasan yg setimpal dan pedih. Karna ingat, siksaan dari Allah sangat keras (QS Al-Anfal [8]: 25).
Lalu, apa solusinya kalo kekurangan2 belanja online cukup kompleks dan bahkan sebegitu parahnya?
  1. Utk poin kekurangan belanja online yg pertama ini solusinya adalah cari harga barang tersebut semurah murahnya. Karna apabila agan n sista coba ngulik lagi lebih jauh, sebenernya ada aja barang2 dagangan yg agan n sista inginkan dengan harga yg sangat murah. Kalo misal barang yg agan n sista inginkan dengan harga termurah gak ada juga, jangan berputus asa. masih banyak barang2 lain yg jauh lebih baik dari yg agan n sista inginkan.
  2. Solusi utk poin kedua ini adalah lihat ulasan atau feedback dari orang2 yg udah pernah belanja online di pedagang tersebut, baik ulasan utk si pedagang dan ulasan utk barang yg didagangkan. Apabila ulasannya banyak dan rating yg diberikan sangat baik (biasanya 5 bintang), itu bisa agan n sista jadikan recommended seller.
  3. Solusi utk poin ketiga adalah gunakan fitur live chat dengan si pedagang utk memastikan bahwa barang yg dikirimnya adalah barang yg sesuai dengan yg agan n sista inginkan. Dan seperti di poin kedua, perhatikan juga feedback beberapa orang tentang barang tersebut. Apakah packing nya rapih, barangnya sesuai dengan di gambar atau enggak, dsb.
  4. Solusi utk poin keempat adalah beritahukan kepada si pedagang agar dalam proses packing nya rapih dan aman, agar kemungkinan2 proses pengiriman oleh si penyedia jasa kurir tsb bisa diminimalisir. Karna kan namanya kurir ada aja kelalaian dalam pengiriman seperti main taruh barang begitu aja, benturan, dsb.
  5. Utk solusi kelima ini adalah sebaiknya jangan menggunakan fitur belanja online utk berbelanja barang mahal. Karna apa? Karna resiko kerugian yg cukup besar dan bakal membayang bayang di dalam diri agan n sista saat barangnya belum sampai.
Mungkin selain ulasan ane diatas, agan n sista yg udah pernah merasakan belanja online bisa menambahkan testimoni nya di kolom komentar. Karna bisa jadi ulasan ane diatas belum sepenuhnya benar dan bisa agan n sista perbaiki. Intinya adalah sepintar pintarnya agan n sista dalam berbelanja online. Happy shopping yaa :D

Wassalamualaikum wr wb.
2016 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib