Post Page Advertisement [Top]

tech news

Apa Bedanya "DISK" dengan "DISC"?

Assalamualaikum wr wb. Salam sejahtera utk kita semua. Agan n sista tau harddisk? Jika dijabarkan harddisk memilikki 2 suku kata, yaitu Hard dan Disk, dan kedua suku kata itu berasal dari bahasa inggris. Hard yaitu Keras, dan Disk yaitu media magnetic. Begitu juga dengan flashdisk. Sama2 berakhiran "Disk".

Agan n sista pernah denger CD? CD adalah singkatan dari Compact Disc. Dan CD memilikki akhiran "Disc". Lalu, apa bedanya Disk dengan Disc?

Disk mengacu pada media bermagnet, seperti floppy disk, disk di hard drive komputer, dan hard drive eksternal. Disk selalu dapat ditulis ulang kecuali sengaja dikunci atau dilindungi dari penulisan. Agan n sista juga dapat dengan mudah mempartisi disk menjadi beberapa volume yang lebih kecil. Disk biasanya disegel di dalam casing logam atau plastik (seringnya, disk dan mekanisme kemasannya bersama-sama disebut "hard drive").

Sedangkan Disc mengacu pada media optik, seperti disc CD audio, CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RAM, atau DVD-Video. Beberapa disc bersifat hanya baca (ROM), yang lainnya membolehkan utk membakar konten (menulis file) ke disc sekali (seperti CD-R atau DVD-R, kecuali agan n sista melakukan pembakaran beberapa sesi), dan beberapa disc dapat dihapus dan ditulis ulang berkali-kali (seperti disc CD-RW, DVD-RW, dan DVD-RAM).

Semua disc dapat dilepas, yang berarti saat melepas atau mengeluarkan disc dari desktop atau Finder, disc fisiknya akan keluar dari komputer.

Gimana, udah paham kan perbedaan Disk dengan Disc? Ternyata dari penjabaran nya jelas sekali berbeda. Dan mungkin selama ini kita salah mempersepsikan Disk itu sama kaya Disc atau mungkin Disk itu dalam bahasa indonesianya sedangkan Disc itu dalam bahasa inggrisnya. Semoga kekeliruan yg agan n sista milikki saat ini dapat dirubah dengan sesuatu yg lebih mendetail dan pola berpikir agan n sista akan lebih terbuka.

Wassalamualaikum wr wb.
2016 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib