Post Page Advertisement [Top]

tech news

4G LTE VS FIBER OPTIC, Mana yg Tercepat?

Assalamualaikum wr wb. Agan n sista tau 4G LTE? Yaa 4G LTE, model jaringan yg sekarang lagi booming di Indonesia untuk perangkat mobile ini merupakan model jaringan yg tercepat saat ini dan menggeser dominasi 3G dan 2G (edge, gprs). Beberapa operator di Indonesia udah menerapkan model jaringan ini untuk menjamin kualitas penggunaan secara mobile.

Pernah denger Fiber Optic? Apa itu Fiber Optic? Fiber Optic adalah model kabel yg memilikki bentuk lebih tipis dari pendahulunya yakni kabel LAN, dan didalamnya terbuat dari serat kaca dan plastik yang menggunakan bias cahaya dalam mentransmisikan data. Sumber cahaya yg digunakan adalah laser karena mempunyai spectrum yg sangat sempit. Di Indonesia sendiri udah ada beberapa ISP atau Internet Service Provider yang menyediakan layanan fiber optic ini.

Lalu, mana yang tercepat?
Berdasarkan kecepatan, keduanya sama2 cepat. Baik utk browsing, streaming, download, dan aktivitas mobile lainnya. Namun, apa yg membedakan?

1. 4G LTE memilikki cakupan yg tidak terbatasi kabel, karna menggunakan tower BTS dengan jenis Evolved node B atau EnB, sedangkan fiber optic terbatas untuk area cakupannya karna terbatasi oleh kabel.


2. Walaupun 4G LTE memilikki cakupan yg tidak terbatasi kabel, namun apabila posisi kita saat ini cukup jauh dari jangkauan tower BTS seperti misal kita sedang naik gunung atau di daerah lain yg belum tercover 4G, sinyal yg akan diterima akan kurang baik. Beda halnya dengan fiber optic walaupun terbatasi oleh kabel, namun media rambat yg berupa serat kaca dan plastik ini menjamin konektivitas yang baik dan stabil.


3. Harga paket 4G LTE di Indonesia beragam namun boros karna dibatasi oleh kuota dan masa aktif, namun bagi fiber optic cukup dengan membayar perbulan yg disesuaikan dengan pilihan paket yg kita pilih dan tidak dibatasi oleh kuota.



Nahh, gimana agan n sista? Pilih 4G LTE atau Fiber Optic? Itu terserah agan n sista yaa sesuai kebutuhan. Artikel diatas ane kutip dari berbagai sumber, pengalaman pribadi ane, dan pengalaman beberapa teman ane.

4G is great, if it works, but it will never achieve the consistency of a good fixed connection.

Wassalamualaikum wr wb.
2016 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib