Post Page Advertisement [Top]

coretantech newswindows

Bisakah Windows 10 Diinstal di Pentium 4?


Assalamualaikum wr wb. Pentium 4 itu bisa ane katakan processor "legendaris" di masanya. Bayangkan saja, sampai orang tua ane pun tau yang namanya pentium 4, padahal orang tua ane bukan lulusan sarjana komputer atau pernah sekolah di sekolah komputer. Walau orang tua ane hanya sekedar tau, tapi ane sangat mengapresiasi hal tersebut karena orang tua ane setidaknya tau yg namanya processor.


Pentium 4 memang sangat legendaris di masanya. Terutama juga buat anak2 TKJ yang baru mengenal dan belajar merakit komputer rata2 ketemunya pasti komputer pentium 4 dulu yang masih ada jarum2 nya dibawah processor (Socket 478). Nah kira2 apakah processor jadul ini bisa diinstall Windows 10??


Sekitar satu minggu yang lalu sebelum tulisan ini dibuat, ane mencoba eksperimen kecil untuk menguji apakah processor jadul ini bisa menjalankan operasi sistem modern atau tidak. Di pengujian ini, ane menggunakan dua processor Pentium 4 dengan fabrikasi yang berbeda, yaitu fabrikasi 65NM dan 90NM (frekuensi 3.0 GHz (P4 631) 3.2 GHz (P4 640), cache 2 MB, FSB 800 MHz, support Intel® Hyper-Threading Technology).

Dan setelah melakukan pengujian, ternyata processor Pentium 4 yg menggunakan fabrikasi 65NM sukses menjalankan Windows 10 Professional yg 64bit lagi ! Berikut screenshotnya.


Sedangkan untuk Pentium 4 dengan fabrikasi 90NM hanya sanggup sampai Windows 7 Ultimate 64bit.


Kesimpulannya, Pentium 4 untuk saat ini dapat digunakan di Windows 10 tapi khusus Pentium 4 yang memilikki fabrikasi 65NM saja (Cedar Mill), dan untuk yang memilikki fabrikasi 90NM hanya sanggup diinstall Windows 7 (Prescott). Dan yang perlu dicatat, jangan banyak berharap performa Pentium 4 di masa kini, terutama dalam menjalankan aplikasi2 modern. Tentunya akan terdapat jeda saat mengoperasikan aplikasi tersebut atau cenderung Not Responding.

Baiklah sekian pemaparan ane kali ini untuk sang processor legendaris Pentium 4, semoga pemaparan ini bisa menjadi informasi tambahan bagi agan n sista yang masih memilikki komputer Pentium 4 di rumahnya.

Wassalamualaikum wr wb.
2018 © Agan n Sista Team. All Right Reserved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib